Sejarah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ~ Heca Library Selamat Datang Di Website Heca Library Dapatkan Informasi-Informasi Menarik Dan Berbagai Bahan Bacaan Mengenai Perkembangan Perpustakaan Yang Tentunya Sangat Bermanfaat Bagi Anda

Selasa, 25 Oktober 2016

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
pp

ppp
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) adalah Perpustakaan Nasional yang berada di Jakarta, Indonesia. Perpustakaan ini memiliki tugas menyimpan data, dan informasi negara. Perpusnas juga merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND) yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.
Sejarah Perpusnas bermula dengan didirikannya Bataviaasch Genootschap pada 24 April 1778. Lembaga ini adalah pelopor Perpusnas dan baru dibubarkan pada tahun 1950.
Awalnya, Perpustakaan Nasional RI merupakan salah satu perwujudan dari penerapan dan pengembangan sistem nasional perpustakaan, secara menyeluruh dan terpadu, sejak dicanangkan pendiriannya tanggal 17 Mei 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Daoed Joesoef. Ketika itu kedudukannya masih berada dalam lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan setingkat eselon II di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, dan badan ini merupakan hasil integrasi dari empat perpustakaan besar di Jakarta.
Atas prakarsa Almarhumah Ibu Tien Suharto, melalui Yayasan Harapan Kita yang dipimpinnya, Perpustakaan Nasional memperoleh sumbangan tanah seluas 16,000 m² lebih berikut gedung baru berlantai sembilan dan sebuah bangunan yang direnovasi. Lahan yang terletak di Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat, merupakan lokasi Koning Willem III School (Kawedri), yakni sekolah HBS pertama di Indonesia ketika zaman kolonial. Bangunan sekolah inilah yang kemudian setelah direnovasi menjadi gedung utama yang digunakan untuk kantor pimpinan dan sekretariat. Gedung di sebelahnya yang berlantai sembilan berfungsi sebagai perpustakaan yang sebenarnya, di mana koleksi bahan pustaka tersimpan dan dilayankan untuk umum.

Perpustakaan ini menjadi yang Pertama, dan Terlengkap di Jakarta. Beragam Buku baik itu Buku Pelajaran, Sejarah, Ensiklopedi, hingga Bacaan terdapat di Perpustakaan Nasional. Saat ini (Desember 1999) jumlah koleksi diperkirakan 1,100,00 eks, dan jumlah karyawan 700 orang.

Fasiltas yang nyaman, tentunya bisa Kalian temui di Perpustakaan ini. Mulai dari Ruang Baca, Lobi Tunggu, Ruang Presentasi, hingga Tempat Kumpul Komunitas Baca. Walaupun menempati Gedung yang berdiri di tahun 80-an, namun kesan minimalis, dengan sentuhan Etnik Indonesia, pastinya jadi Jaminan bagi Gedung Perpustakaan ini.
Perpustakaan Nasional juga mempunyai Fasilitas Digital, dimana Kamu dapat mengunduh Informasi yang ingin dibaca melalui Aplikasi Android, dan IOS.
Link :
Alamat :
Jl. Salemba Raya No. 28 A, Senen, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
" + "ipt>");}