Manajemen Kepemimpinan Dalam Perpustakaan ~ Heca Library Selamat Datang Di Website Heca Library Dapatkan Informasi-Informasi Menarik Dan Berbagai Bahan Bacaan Mengenai Perkembangan Perpustakaan Yang Tentunya Sangat Bermanfaat Bagi Anda

Selasa, 18 Oktober 2016



 MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM PERPUSTAKAAN
Oleh : Evida Roslya





FAKULTAS ADAB JURUSAN S1-IP
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY
DARUSALAM,BANDA ACEH
2015

BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Kepemimpinan berasal dari kata “pimpin” yang berarti tuntun, bina atau bimbing. Pimpin dapat pula berarti menunjukan jalan yang baik dan benar, tetapi dapat pula berarti mengepalai pekerjaan atau kegiatan. Dengan demikian, kepemimpinan adalah hal yang berhubungan dengan proses menggerakan, memberikan tuntunan, binaan dan bimbingan, menunjukan jalan, memberi keteladanan, mengambil resiko, mempengaruhi dan meyakinkan pihak lain, mengarahkan dan masih banyak lagi artinya.
 Kepemimpinan merupakan salah satu isu dalam manajemen yang masih cukup menarik untuk diperbincangkan hingga dewasa ini. Media massa, baik elektronik maupun cetak, seringkali menampilkan opini dan pembicaraan yang membahas seputar kepemimpinan. Peran kepemimpinan yang sangat strategis dan penting bagi pencapaian misi, visi dan tujuan suatu organisasi, merupakan salah satu motif yang mendorong manusia untuk selalu menyelidiki seluk-beluk yang terkait dengan kepemimpinan.
Kualitas dari pemimpin seringkali dianggap sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan organisasi demikian juga keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi baik yang berorientasi bisnis maupun publik, biasanya dipersepsikan sebagai keberhasilan atau kegagalan pemimpin. Begitu pentingnya peran pemimpin sehingga isu mengenai pemimpin menjadi fokus yang menarik perhatian para peneliti bidang perilaku keorganisasian. Pemimpin memegang peran kunci dalam memformulasikan dan mengimplementasikan strategi organisasi.
Organisasi yang berhasil dalam mencapai tujuan serta mampu memenuhi tanggug jawab sosialnya akan sangat tergantung pada para pimpinan. Bila pimpinan mampu melaksanakan dengan baik, sangat mungkin organisasi tersebut akan mencapai sasarannya. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku anggotanya atau anak buah. Jadi, seorang pemimpin atau kepala suatu organisasi akan diakui sebagai seorang pemimpin apabila ia dapat mempunyai pengaruh dan mampu mengarahkan bawahannya kearah pencapaian tujuan organisasi.



B.       Rumusan masalah
Dari latar belakang diatas, ada beberapa rumusan masalah yang dapat diambil, yaitu :
1.        Bagaimana yang dimaksud kepemimpinan dalam perpustakaan?
2.        Apa saja gaya kepemimpinan?
3.        Apa yang menjadi hakikat kepemimpinan dalam perpustakaan?

C.       Tujuan
1.        Mengetahui yang dimaksud kepemimpinan dalam perpustakaan.
2.        Mengetahui Apa saja gaya kepemimpinan.
3.        Mengetahui hakikat kepemimpinan dalam perpustakaan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian Kepemimpinan
Secara etimologi pemimpin berasal dari kata dasar “pimpin” (lead) berarti bimbing atau tuntun, dengan begitu di dalamnya terdapat dua pihak yaitu yang dipimpin (rakyat) dan yang memimpin (imam). Setelah ditambah awalan “pe” menjadi “pemimpin” (leader) berarti orang yang mempengaruhi pihak lain melalui proses kewibawaan komunikasi sehingga orang lain tersebut bertindak sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu
Seorang manajer dalam memimpin organisasi dan dalam mengantur serta mengendalikan sumber daya yang ada harus memiliki sklill kepemimpinan yang baik. Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa pengertian kepemimpinan, antara lain:
a.              Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu.
b.             Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
c.              Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.

Banyak definisi kepemimpinan yang menggambarkan asumsi bahwa kepemimpinan dihubungkan dengan proses mempengaruhi orang baik individu maupun masyarakat. Dalam kasus ini, dengan sengaja mempengaruhi dari orang ke orang lain dalam susunan aktivitasnya dan hubungan dalam kelompok atau organisasi.
Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya.


1.         Hakikat Kepemimpinan dalam Perpustakaan
Dalam setiap organisasi tentunya ada sebuah manajemen untuk mengatur keberjalanan suatu organisasi tersebut. Fungsi manajemen antara lain meliputi planning, organization, actuating, controling, dan sebagainya. Fungsi manajemen tidak akan berhasil tanpa adanya pemimpin. Begitu juga dengan organisasi sebuah perpustakaan sudah pasti membutuhkan seorang pemimpin perpustakaan.
2.         Gaya Kepemimpinan
Ada dua macam gaya kepemimpinan yaitu Demokrasi dan Otoriter.
a.    Demokrasi
Demokrasi adalah gaya pemimpin yang memberikan wewenang secara luas kepada para bawahan. Setiap ada permasalahan selalu mengikutsertakan bawahan sebagai suatu tim yang utuh. Dalam gaya kepemimpinan demokratis pemimpin memberikan banyak informasi tentang tugas serta tanggung jawab para bawahannya.
Kepemimpinan demokratis menempatkan manusia sebagai faktor utama dan terpenting dalam setiap kelompok/organisasi.Gaya kepemimpinan demokratis diwujudkan dengan dominasi perilaku sebagai pelindung dan penyelamat dan perilaku yang cenderung memajukan dan mengembangkan organisasi/kelompok.
Hakikat demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.Dan sistem demokrasi adalah suatu sistem yang berpusat pada rakyat.Dan tentu, dalam sistem ini, rakyatlah yang menjadi aktor utama.Mulai dari pemilihan presiden, gubernur, bahkan camat sekalipun, dipilih oleh rakyat.Dari sistem demokrasi ini, rakyat diberikan ruang yang sangat luas untuk berekspresi dan menyampaikan aspirasi dan mengakses informasi secara terbuka luas.Sehingga rakyat bebas untuk berasosiasi dengan segala ras tanpa memandang strata sosial.Karena tujuan dari sistem demokrasi adalahmembentuk kewarganegaraan yang inklusif.

b.    Otoriter
Otoriter biasa disebut juga sebagai paham politik otoritarianisme adalah bentuk pemerintahan yang bercirikan oleh penekanan kekuasaan hanya ada pada negara tanpa melihat derajat kebebasan individu.sistem politik ini biasanya menentang demokrasi dan kuasaan pemerintahan pada umumnya diperoleh tanpa melalui sistim demokrasi pemilihan umum. Kepemimpinannya dilakukan oleh seorang pemimpin dengan perilaku otoritee dimana kekuasaan berada di tangan satu pihak saja. Pemimpin otoriter (diktator) dalam praktik memimpin ia mengutamakan kekuasaan (power). Seorang pemimpin bertipe otokratis menganggap dirinya adalah segala-galanya (people centered) Egonya kokoh menyatakan bahwa dirinya adalah pusat kekuasaan dan kewenangan sehingga ia berhak menjadikan anak buah sesuai dengan kehendaknya.

B.       Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan merupakan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, buku bukan untuk di jual. Dalam pengertian buku dan terbitan lainnya termasuk didalamnya semua bahan cetak, lembaran musik, dan berbagai karya media.
1.             Jenis Perpustakaan
a.              Perpustakaan Nasional
Perpustakaan Nasional adalah perpustakaan yang didirikan di ibukota negara dan merupakan perpustakaan induk dari semua jenis perpustakaan yang ada di negara tersebut. Perpustakaan Nasional Indonesia didirikan di Jakarta.
b.             Perpustakaan umum
Perpustakaan umum merupakan perpustakaan yang bertugas mengumpulkan, menyimpan, mengatur dan menyajikan bahan pustakanya untuk masyarakat umum. Perpustakaan umum diselenggarakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa memandang latar belakang pendidikan, agama, adat istiadat, umur, jenis dan lain sebagainya, maka koleksi perpustakaan Umum pun terdiri dari beraneka ragam bidang dan pokok masalah sesuai dengan kebutuhan informasi dari pemakainya.
c.              Perpustakaan perguruan tinggi
Perpustakaan perguruan tinggi ialah perpustakaan yang diselenggarakan untuk mengumpulkan, memelihara, menyimpan, mengatur, mengawetkan dan mendaya gunakan bahan pustakanya untukme menunjang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
d.             Perpustakaan khusus
Perpustakaan khusus adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh kantor atau instansi yang tujuannya adalah untuk menunjang kegiatan kantor atau instansi dimana perpustakaan itu berada.

e.              Perpustakaan wilayah
Perpustakaan wilayah yaitu perpustakaan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan berkedudukan di setiap ibu kota Propinsi, bertugas mengumpulkan serta melestarikan semua penerbitan daerah yang bersangkutan.

2.         Kepemimpinan Dalam Perpustakaan
Dalam UU No. 43 tahun 2007 tentang “Perpustakaan” pasal 1 ayat (1), disebutkan bahwa perpustakaan adalah pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan karya rekam secara profesiolan dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka”. Perpustakaan merupakan gudang informasi. Banyak sumber informasi yang disediakan di perpustakaan sehingga banyak pengguna yang datang untuk mendapatkan informasi lebih mudah.
Perpustakaan dikatakan berperan penting dalam pengelolaan informasi, penyediaan, serta penyebaran informasi. Begitu kompleks peran perpustakaan sehingga suatu perpustakaan membutuhkan seorang pemimpin yang profesional dan handal demi kemajuan perpustakaan itu sendiri.
Beberapa hal yang mungkin dilakukan dalam menjalankan kepemimpinan pada perpustakaan antara lain:
1.)           Untuk perpustakaan
Menentukan visi, misi, dan tujuan dari berdirinya perpustakaan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan perpustakaan tanpa melupakan pengalaman-pengalaman lama yang ada pada suatu perpustakaan. mempertahankan hal-hal baik yang pernah ada sebelumnya dan menumbuhkan hal-hal baru sesuai dengan perkembangan lingkungan.
2.)           Untuk pegawai perpustakaan
Memberikan teladan yang baik, menegakkan kedisiplinan, mampu mengayomi, dan mampu menciptakan kepercayaan dari para pegawai/staff. Dapat memunculkan karismatik dihadapan pegawai sehingga mereka menghormati pemimpin bukan karena rasa takut tetapi benar-benar karena rasa hormat.
3.)           Untuk pemustaka
Menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga pengguna perpustakaan akan merasa nyaman. Melakukan promosi untuk mengenalkan perpustakaan keluar.

4.)           Untuk pemerintah dan institusi
Tetap konsisten pada tujuan utama dari perpustakaandan bertanggung jawab atas apa yang seharusnya dilakukan.


BAB III
KESIMPULAN

Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya.
Perpustakaan merupakan sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca, buku bukan untuk di jual. Dalam pengertian buku dan terbitan lainnya termasuk didalamnya semua bahan cetak, lembaran musik, dan berbagai karya media.
Perpustakaan dikatakan berperan penting dalam pengelolaan informasi, penyediaan, serta penyebaran informasi. Begitu kompleks peran perpustakaan sehingga suatu perpustakaan membutuhkan seorang pemimpin yang profesional dan handal demi kemajuan perpustakaan itu sendiri

DAFTAR PUSTAKA

Rivai, Veithzal. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Edisis Kedua. (PT. RajaGrafindo Persada : Jakarta, 2006).
Nawawi, Hadari & Hadari, M. Martini. Kepemimpinan yang Efektif. (Gadjah Mada University Press : Yogyakarta, 2004).
Sulistiyo-Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. (Jakarta: Gramedia, 1993).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

2 komentar:

  1. halo salam kenal dari saya min izin membaca artikel kepemimpinan

    BalasHapus
  2. casino, poker room, blackjack, bingo
    casino, poker room, blackjack, bingo room, ventureberg.com/ blackjack, bingo room, https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ poker room, poker room, poker room, herzamanindir.com/ poker room, https://tricktactoe.com/ poker room, poker room, poormansguidetocasinogambling

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.
" + "ipt>");}